Translate

Sabtu, 16 Februari 2013

10 WISATA ALAM DI ACEH JAYA

Jika Anda pergi ke propinsi NAD tidak ada salahnya Anda singgah terlebih dahulu ke berbagai tempat wisata yang disuguhkan oleh Kabupaten Aceh Jaya. Yang memiliki ciri khas tersendiri karena dahulu terkenal sebagai tempat tinggal para raja di Aceh.

Aceh Jaya berbatasan langsung dengan Kabupaten Aceh Besar dan Kabupaten Pidie, di sebelah selatan dengan samudra Indonesia dan Kabupaten Aceh Barat, di sebelah barat berbatasan dengan samudra Indonesia dan sebelah timur berbatasan dengan Kabupaten Aceh Barat.

Dan Anda akan membantu memajukan wisata-wisata di Aceh Jaya khususnya dan NAD umumnya dengan berbagi catatan perjalanan Anda dengan menulis travelog tempat-tempat wisata yang Anda kunjungi. Berikut beberapa tempat wisata alam yang harus Anda kunjungi jika Anda singgah ke Aceh Jaya:

1. Arung Jeram Sungai Teunom

Yang dimulai dari air terjun di hulu sungai sampai ke Desa Sarah Raya atau Desa Alue Jang, selama 3 jam, 24 km dari kota Teunom.Aliran sungai Teunom menyimpan banyak keindahan alamnya baik panorama maupun flora dan faunanya, sungai ini secara geografis merupakan kawasan hutan Ulu Masen yang tentu saja merupakan daerah yang masih perawan dengan sejuta keindahannya, disepanjang sungai terdapat batuan serta belasan air terjun dikanan-kiri Krueng Teunom yang bermuara ke Desa Sarah Raya Aceh Jaya. 

2. Pulau Tsunami

Tempat wisata di Aceh Jaya (Lamno), daapat ditempuh selama 2 jam dari ibukota propinsi, merupakan pulau yang terjadi akibat gempa bumi dan gelombang tsunami tahun 2004, dapat diakses dari Desa Ujung Sudhen dengan kapal selama 15 menit. Pulau ini diapit oleh Keuluang Pulau Sarang dan Gua Gunung Teumiga. 

Sangat indah bila dilihat dari atas Gunung Geurutee jalan Nagara. Pulau ini merupakan bukti sejarah untuk generasi yang akan datang, gelombang sengit nan dahsyat tsunami di Aceh  

3. Pantai Kuala Merisi 

Tempat Wisata di Aceh Jaya dengan Legenda Bate Putri Ratu Meurendam Dewi, untuk berenang dan tersedia warung-warung makanan dan minuman. Atraksi Pantai wisata alam sangat indah terutama ketika Anda bersenang-senang dengan keluarga Anda itu sangat baik, sambil menikmati deru pantai surfing dan mendengarkan Legenda Bate Putri Ratu Meurendam yang terdapat di muara Kuala Merisi telah membuat orang sangat tertarik dengan objek wisata ini. 


4. Pantai Kuala Dhoi

 Kuala Dhoi merupakan wiaata atraksi yang terletak di sebuah desa kecil yang terletak di tepi samudra Indonesia, yang berjarak sekitar 3 km, dari Lageun ibukota distrik dan 12 km dari ibukota Aceh Jaya (Calang), dengan pantainya yang landai dan berpasir putih bersih.












5. Teluk Rigaih

Objek Wisata Teluk Rigalih terletak di antara Desa Batee Tutong, Pulau Seumot dan Desa Rigalih sangat digemari oleh wisatawan sebagai tempat snorkling, diving maupun untuk memancing denga terumbu karang dan ikan beraneka ragam yang indah. 




6. Desa Batee Tutong

Desa Batee Tutong adalah nama desa yang terletak di kota Calang, kabupaten Aceh Jaya. Desa ini terletak sekitar 1 km dari kota Calang. Jika Anda mengendarai kendaraan menuju Banda Aceh maka desa ini terletak di sebelah kiri dari arah Meulaboh. Dari bibir pantai desa ini tidaklah jauh sekitar 20 meter. 

Dahulu desa ini deberi nama Batee Tutong karena tiap pergantian tahun pepohonan di desa yang terdapat di sebuah pulau mengalami layu seperti terbakar. Sejak itulah kampung ini dikenal dengan Batee Tutong yang artinya batu terbakar meskipun sekarang berubah nama menjadi panton makmur, tetapi  masyarakat tetap menyebutnya Batee Tutong yang artinya Batu Terbakar.

7. Danau Laut Nie Pineung Suasa

Sebuah Danau diperbukitan di Desa Pasi Timon kecamatan Teunom, memiliki keindahan pemandangan alam yang masih natural. Disekitar danau dikelilingi oleh pohon pinang merah dan aneka macam bunga-bunga yang langka, dan banyak ikan air tawar yang bisa dipancing oleh wisatawan yang berkunjung. 

8. Lhok Geulumpang 

Merupakan kawasan hutan yang alami yang menghadap samudra Hindia, dengan pantai yang landai dengan pasir putih untuk berjemur, snorkling, diving menikmati biota laut yang dilindungi, monyet-monyet dan pemandangan perbukitan. 









9. Pantai Pasir Saka

Merupakan pantai berpasir putih bersih yang berhadapan langsung dengan samudra Hindia, baik untuk snorkling, berenang dan berjemur berjarak sekitar 14 km dari Sampoinit. 

10. Pulau Reusam 

Tempat Wisata di Aceh Jaya berupa pantai landai berpasir putih bersih, untuk berenang dan snorkling, panorama alam indah, meriam tua peninggalan Belanda dan Jepang, dicapai dengan kapal dari Desa Batee Tutong dan Desa Rigaih selama 15 menit.
















 
   





1 komentar: